Siap-ppdb.com 2018 - Dalam memberikan pelayan pendidikan yang bermutu saat ini Dinas Pendidikan menyelenggarakan kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SMA, SMK dan PK-PLK Negeri tahun pelajaran 2018/201, menggunakan sistem Online untuk seleksi PPDB, dimana Informasi Teknis dan Cara Pendaftaran Siap Online PPDB 2018/2019 diharapkan anda bisa memahami cara melakukan Pendaftaran SIAP PPDB Online dan dapat menjadi pedoman bagi semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan PPDB untuk melaksanakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Seleksi penerimaan peserta didik baru (PPDB) pada jenjang SMA dan SMK Negeri dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, sehingga calon peserta didik baru dapat mendaftar dan memantau proses seleksinya secara langsung melalui akses internet. Sistem Semi Online disediakan khusus untuk seleksi penerimaan peserta didik baru (PPDB) pada jenjang SMA dan SMK Negeri melalui jalur Prestasi, jalur Mitra Warga, jalur Bidik Misi, dan jalur Inklusi. sedangkan sistem Offline disediakan khusus untuk seleksi penerimaan peserta didik baru (PPDB) pada jenjang PK-PLK Negeri yang akan dilaksanakan secara obyektif, transparan, akuntabel, dan tidak diskriminatif.

SIAP PPDB Online merupakan sebuah sistem yang telah dirancang sebagai pusat pengelolaan informasi penerimaan peserta didik baru online mulai dari proses pendaftaran, seleksi, sampai dengan pengumuman hasil seleksi semuanya dapat di akses secara online yang telah dirancang sebagai saran pemberi informasi kepada sekolah, guru, siswa, orang tua, alumni, mahasiswa. masyarakat, atau lembaga yang ingin mengetahui informasi SIAP PPDB Online.


Informasi Penting untuk seleksi penerimaan peserta didik baru (PPDB):
  • Pendaftaran PPDB Jalur Reguler proses pendaftaran ini dilakukan secara online 24 jam. 
  • Proses pengambilan pin akan dilaksanakan pada tanggal 28 Mei - 6 Juni 2018 di sekolah SMA/SMK/MA Negeri di cabang dinas terdekat. 
  • Latihan pendaftaran akan dilaksanakan pada tanggal 28 Mei - 6 Juni 2018. Mohon dimanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin. Siswa dapat melakukan percobaan pendaftaran sehari satu kali.

Dinas Pendidikan di seluruh Indonesia menjadwalkan pendaftaran Penerimaan Peserta Dididk Baru (PPDB) untuk SMA atau SMK Negeri 28 Juni hingga 6 Juli.

Dari data petunjuk teknis PPDB yang didapat, sebelum mendaftar siswa harus mendapatkan user name terlebih dahulu. User name ini didapatkan dari Dinas Pendidikan Kepulauan Riau melalui sekolah (asal) calon siswa sebelumnya di SMP atau MTS.

Setelah mendapatkan user name serta pasword, lalu mengisi form yang telah disediakan dilaman PPDB mulai dari data pribadi seperti tempat tinggal. Data ini harus sesuai dengan alamat yang tertera di Kartu Keluarga atau Surat Keterangan Domisili. Apabila tidak sesuai saat pendaftaran ulang, maka dinyatakan tidak lulus.

Selain mengisi formulir yang telah disediakan di laman itu. Calon peserta didik memasukan beberapa dokumen yang sudah di scan. Setelah itu, calon peserta Didik memilih sekolah. Apabila pilihan pertama SMA, maka pilihan kedua berikutnya juga harus SMA. PPDB SMA untuk jurusan IPA dan IPS menggunakan sistem zonasi. Sedangkan untuk jurusan bahasa dan budaya tidak menerapkan sistem zonasi. Begitu juga dengan SMK diberlakukan ketentuan bebas zonasi.

Peta Peserta PPDB Online 2018.

Sebelum anda melakukan Pendaftaran secara onliine, anda diharuskan melakukan pencarian Peta Wilayah Peserta PPDB Online dengan melakukan pecarian peta wilayah menurut daerah masing -masing yaitu memilih peta wilayah Dinas Pendidikan Provinsi selanjutnya Peta Wilayah Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota tujuan pendaftaran siswa baru yang anda pilih.

Setelah mengetahui data wilayah di atas, selanjutnya jika anda ingin mendaftarkan diri anda menjadi calon peserta didik baru pada wilayah kota atau kabupaten tujuan anda, silahkan menuju langsung ke situs resmi masing-masing wilayah. Kemudian baca informasi yang berkaitan dengan pendaftaran calon peserta didik baru dan lakukan pendaftaran sesuai dengan aturan yang telah ditentukan oleh masing-masing wilayah SIAP PPDB Online.

SIAP PPDB Online.

Berikut tata cara yang dapat anda lakukan jika ingin mendaftar SIAP PPDB Online. Pendaftaran SIAP PPDB Online dapat dilakukan oleh siswa, guru, orang tua, tokoh masyarakat, mahasiswa, dan lain sebagianya. Dengan mendaftarkan diri di SIAP PPDB online, maka akan dapat mengetahui informasi-informasi terkait kegiatan belajar di Sekolah serta kegiatan yang berkaitan dengan proses pembelajaran.

Pendaftaran di SIAP PPDB Online ini bukanlah pendaftaran siswa baru. Kalu untuk pendaftaran siswa abru, silahkan mendaftar langsung di situs resmi PPDB online masing-masing wilayak kota atau kabupaten.


Berikut adalah langkah-langkah Cara Pendaftaran SIAP PPDB Online :

  • Buka Browser Internet (Google Crome, mozilla, Opera,), Kemudian Ketik  SIAP PPDB Online, Selanjutnya akan muncul seperti gambar berikut :


Login/Mendaftar SIAP PPDB Online


  • Setelah muncul seperti gambar di atas, Selajutnya anda klik pada menu di sudut kanan atas "Mendaftar/Login".
  • Selanjutnya akan muncul tampilan 
Login/Mendaftar SIAP PPDB Online

    • Jika anda telah mendaftar sebelumnya, silahkan anda klik "LOGIN", dan jika anda belum pernah melakukan pendaftaran sebelumnya, silahkan klik "MENDAFTAR" Atau anda juga bisa login/mendaftar menggunakan Facebook atau Twitter.
    Login/Mendaftar Siap PPDB Online

    • Selanjutnya akan muncul seperti gambar di bawah ini. Isi kolom tersebut dengan email yang anda miliki. 
    Alamat Email Anda


    • Halaman selanjutnya, Mengisi biodata anda berupa nama anda, jenis kelamin, tanggal lahir, dan anda adalah seorang : guru, tenaga kependidikan, siswa, orang tua, mahasiswa, alumni, dosen, atau masyarakat peduli pendidikan..
    Biodata Siap Online


    • Kemudian klik, untuk mengisi password  anda, kemudian masukkan kembali password anda, dan isi kode captcha. 
    Kode Pasword dan Kode Captcha.

    • Click lanjut, pada langkah terakhir, masukkan kode aktifasi anda. Silahkan buka kotak masuk email anda untuk melihat kode aktifasi di menu sosial. 
    • Jika telah menemukan kode aktifasi tersebut, copy dan paste kode tersebut pada kolom aktifasi pendaftaran SIAP PPDB Online seperti berikut. 
    Kode aktifasi pendaftaran SIAP PPDB Online


    • Kemudian klik lanjut Selamat anda telah bergabung dengan SIAP PPDB Online. 
    • Selanjutnya jika anda ingin melengkapi profil anda atau menyapa teman-teman yang lain, silahkan klik menu pilihan yang tersedia.


    SIAP PPDB Online


     Pendaftaran Peserta PPDB Online 2018.
    • Bagi anda yang telah lulus dari sekolah jenjang SMP/MTs, maka selanjutnya anda dapat melakukan pendaftaran sebagai calon siswa baru ke jenjang  SMA, MA, atau SMK. 
    • Pendaftaran siswa baru SMA untuk di kota-kota besar telah menggunakan sistem online dimana pendaftarannya dilakukan melalui suatu situs yang telah dirancang secara khusus sebagai portal pendaftaran siswa baru. 
    • Calon siswa baru dapat melakukan pendaftaran dimana saja dan kapan saja sesuai jadwal tanpa harus datang ke sekolah tujuannya. 
    • Setelah melakukan pendaftaran secara online, calon siswa harus melakukan verifikasi pendaftaran di sekolah yang dituju dengan membawa berkas pendaftaran. Kemudian mengikuti proses berikutnya sesuai dengan ketentuan dari panitia penyelenggara.
    • Informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran siswa baru SMA/SMK secara online 2018 .

    Pendaftaran Siswa Baru SMA/SMK/MA Secara Langsung



    • Untuk daerah-daerah terpencil atau daerah yang belum maju atau daerah yang belum memadai jaringan internetnya, maka pendaftaran siswa baru dilakukan secara langsung.
    • Pendaftaran secara langsung dilakukan dengan cara calon siswa baru datang ke sekolah tujuan dengan membawa persyaratan pendaftaran dan berkas-berkas pendaftaran yang dibutuhkan/
    • Bagi yang belum mengetahui persyaratan pendaftaran dan berkas-berkas pendaftaran yang dibutuhkan, maka dapat menanyakan kepada panitia penyelenggarakan. Setelah itu dapat melakukan pendaftaran.
    • Untuk proses seleksi biasanya dilakukan melalui ujian tertulis. Hasil dari ujian tertulis yang dimiliki oleh calon siswa baru dengan nilai tinggi, maka memiliki peluang yang besar untuk dinyatakan lulus seleksi.
    • Setelah lulus seleksi, selanjutnya mengikuti kegiatan Masa Orientasi Siswa (MOS) dimana pada masa MOS tersebut siswa baru akan diberikan wawasan baru mengenai keadaan sekolah serta kegiatan proses pembelajarannya.
    • Informasi lebih lanjut dapat anda tanyakan secara langsung kepada panitia penyelenggara di sekolah tujuan anda masing-masing.


    Post a Comment

    Previous Post Next Post